PROGRAM STUDI SARJANA SERAPAN TEKNIK KONSTRUKSI GEDUNG

Program Studi Teknik Konstruksi Gedung (Sarjana Terapan) merupakan program studi yang mulai dikembangkan pada  tahun 2015 atas dasar mandat dari Dirjen Pendidikan Tinggi. Pembukaan program studi ini untuk mengisi posisi Tenaga Ahli professional pada konstruksi bangunan gedung, yang merupakan program regular untuk lulusan SMA/MA/SMK yang relevan.

 

Pengembangan program studi ini untuk menjawab tuntutan perkembangan teknologi khususnya di bidang bangunan gedung. Lulusan program studi ini diharapkan dapat merencakan, melaksanakan, mengawasi proses kontruksi serta melaukan perawatan gedung dalam tahap operasional dengan menerapkan konsep teoritis manajemen proyek konstruksi dan memperhatikan kesehatan dan keselamatan publik, serta menerapkan sistem manajemen, keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) dengan mengacu dokumen percanagan teknik. Mampu menerapkan prinsip manajerial pelaksanaan (biaya, mutu, waktu) sesuai dokumen kontrak, dokumentasi (arsip) dan aspek hokum yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang senantiasa dikembangkan menyesuaikan kebutuhan industri (pengguna), dan tuntutan perkembangan teknologi tanpa meninggalkan aspek lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja.

 

Lulusan program studi Teknik Konstruksi Gedung dengan gelar S.Tr. (Sarjana Terapan) memliki kompetensi sebagai ahli perancangan bangunan gedung, ahli pelaksanaan bangunan gedung, ahli pengawasan bangunan gedung serta mengisi posisi sebagai perencana struktur bangunan gedunga, manajer pelaksanaan konstruksi (Site Manager), manajer pengawasan pelaksanaan serta manajer perawatan dan perbaikan bangunan gedung.

 


Share :


File Nama File Format Type