PROGRAM STUDI D4 BISPRO

Program Studi Sarjana Terapan (S1 Terapan atau Diploma 4) Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional (BISPRO) merupakan program studi pertama dan satu-satunya di Indonesia. Prodi Bispro dibuka perdana oleh Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) pada Tahun Ajaran 2019/2020. Pembukaan BISPRO berlandaskan SK Izin Pembukaan Program Studi Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional Kemenristekdikti No. 126/KPT/I/2019. Prodi BISPRO dirancang  untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dalam bidang bisnis dan profesi lainnya. Sebagai salah satu yang bernaung dalam pendidikan vokasi, program studi BISPRO menekankan pada kurikulum yang memiliki bobot praktek yang lebih besar daripada teori sehingga memungkinkan lulusan menjadi tenaga siap kerja. Perolehan kompetensi kebahasaan yang mumpuni didukung bidang bisnis dan profesi kerja merupakan keunggulan BISPRO dari berbagai program studi D3/S1 bahasa Inggris milik lembaga pendidikan lainnya.

Lulusan BISPRO memiliki keunggulan kompetensi dalam bidang penerjemahan dan penjurubahasaan bidang bisnis, hukum, akademis dan jurnalistik, melakukan aktivitas pekerjaan kesekretariatan dan administrasi di perusahaan nasional, multinasional, dan internasional.  Lulusan BISPRO dapat menempati posisi translator (penerjemah), interpreter (juru bahasa), staf administrasi dan sekretaris, staf ekspor-impor, copy writer, public relations, editor, reporter, jurnalis dan posisi lain di industri yang membutuhkan jasa tenaga kerja dengan kompetensi kebahasaan.

Lulusan BISPRO akan menyandang gelar Sarjana Terapan (S.Tr.), namun berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan program diploma dalam sistem terbuka pada perguruan tinggi, BISPRO dipersiapkan untuk menyelenggarakan program pendidikan multy entry-multy exit system (MEME) yang memungkinkan mahasiswa dapat keluar pada tahun kedua, atau ketiga dengan dibekali sertifikasi dan berkesempatan untuk melanjutkan kembali di BISPRO sampai jenjang sarjana.

Untuk menjaga link and match antara lembaga pendidikan dengan industri, BISPRO diasuh oleh dosen-dosen berpengalaman baik akademis maupun praktisi. Dosen-dosen yang berlatar belakang pendidik akademis merupakan dosen tetap yang sudah mengajar rata-rata lebih dari 20 tahun. Sementara dosen praktisi merupakan praktisi penerjemah yang tergabung dalam HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia).

BISPRO menyediakan ruang-ruang kelas yang nyaman untuk belajar baik matakuliah teori maupun praktik, dilengkapi dengan fasilitas pembelajaran yang memadai seperti laboratorium komputer lengkap dengan software penerjemahan, jaringan internet, audio-visual room.


Share :


File Nama File Format Type